Home » , , » Ulasan: X-men Origins Wolverine (2009)

Ulasan: X-men Origins Wolverine (2009)



Diawali dengan cerita seorang anak laki-laki bernama James 'Jimmy' Howlett yang terbaring di sebuah kamar dan ditemani ayahnya serta seorang anak laki-laki lain, Victor Creed. Tak berapa lama ayah Victor datang dalam keadaan mabuk lalu membunuh ayah Jimmy. Karena marah, dari sela-sela jari Jimmy tumbuh kuku tajam dan panjang lalu menusuk ayah Victor, yang ternyata ayah Jimmy pula. Jimmy lalu kabur dari rumahnya bersama Victor. Setting ceritapun berganti.

Setelah dewasa, Jimmy (Hugh Jackman) dan Victor (Liev Schreiber) menjadi tentara dan ikut berperang. Perang demi perang berlalu, Victor seakan menjadi buas dan tak segan-segan membunuh musuhnya dengan keji, bahkan lalu menyerang anggota tentara lain yang mencoba menghentikannya. Mau tak mau, Jimmy pun ikut membela saudaranya dan ikut di penjara bersama Victor. Jendral Stryker (Danny Huston) yang mendatangi mereka saat di penjara menawari kedua saudara itu untuk bergabung dalam sebuah pasukan berkekuatan khusus yang bekerja demi membela AS. Pasukan tersebut beranggotakan sesama mutan. Zero (Daniel Henney) yang ahli dalam baku hantam dan pistol, Bradley (Dominic Monaghan) yang bisa mengontrol benda-benda dan mesin listrik, Wade (Ryan Reynolds) ahli pedang, Fred (Kevin Durand) memiliki kekuatan besar yang sanggup membalik tembakan meriam, dan John (Will.I.Am) yang bisa menghilang dan berpindah secara cepat. Mereka dikirim Stryker untuk mencari pecahan meteor yang sangat kuat dan tidak bisa dihancurkan. Dalam pencarian itu, tak jarang pasukan mutan yang lain tak segan-segan membunuh dengan kejam, termasuk Victor yang bisa memanjangkan kukunya sampai berbentuk cakar itu. Jimmy yang tak setuju dengan cara tersebut lalu memilih untuk pergi meninggalkan kakaknya, Stryker dan mutan yang lain.

Jimmy lalu memilih hidup dengan bekerja sebagai tukang kayu dan sudah menjalin kehidupan berdua dengan kekasihnya, Kayla (Lynn Collins) di sebuah pegunungan terpencil. Sementara di tempat lain, Bradley yang didatangi oleh Victor mendapat kabar bahwa Wade sudah terbunuh. Tak berapa lama, Victorpun membunuhnya. Setelah itu, Victor lalu membunuh Kayla. Jimmy yang marah lalu mendatangi dan berkelahi dengan Victor. Sayang, Jimmy tidak cukup kuat untuk mengalahkan Victor dan pingsan. Saat terbangun di rumah sakit, Stryker kembali menemui Jimmy. Ia menawarkan sebuah kekuatan untuk mengalahkan Victor. Jimmy yang mendendampun menerima tawaran tersebut. Stryker ternyata ingin melakukan percobaan. Batuan meteor yang dulu mereka cari telah diketemukan dan disebut adamantium. Cairan adamantium tersebut disuntik ke dalam tubuh Jimmy. Sebelum operasi tersebut dilakukan, Jimmy meminta sebuah nama baru untuk ditulis dalam tanda pengenalnya, Wolverine Logan.

Operasi yang awalnya tampak gagal dan membunuh Logan ternyata berhasil. Logan yang mendengar bahwa Stryker ingin mengurungnya dalam sebuah pulau langsung bangkit dan marah. Dengan senjata berupa taring adamantium di tangannya, Logan berhasil kabur dari tempat tersebut dengan lalu bersembunyi dalam sebuah gudang peternakan milik sepasang kakek-nenek. Karena kasihan pada Logan, mereka menawari Logan untuk tinggal di sana. Malang, keesokan paginya tempat tersebut berhasil diketahui oleh Stryker. Ia mengirim Zero untuk membunuh Logan. Kakek-nenek itu pun tak luput dari serangan Zero. Setelah berhasil menghabisi Zero dan pasukan lain, Logan lalu berangkat untuk mencari Victor. Logan mendatangi John dan Fred untuk mencari informasi. Dari Fred diketahui bahwa Zero pernah dekat dengan Remmy 'Gambit' LeBau (Taylor Kitsch) yang ahli bermain kartu. Logan dan John lalu mendatangi Gambit di sebuah bar. Tiba-tiba John melihat Victor dan ingin membunuhnya sebelum Logan. John yang bisa berpindah cepat terbaca gerakannya oleh Victor dan tewas di tangan Victor. Sementara Logan yang melihat John telah terbunuh lalu memaksa Gambit agar ia mau mengantar Logan ke pulau yang dicarinya.

Pulau tersebut menjadi tempat penelitian sekaligus penjara mutan-mutan muda yang ingin diteliti oleh Stryker. Stryker ingin mengambil seluruh kekuatan dari mutan yang ada lalu memasukkannya dalam satu tubuh, dan tubuh tersebut ternyata adalah
Wade. Selain itu, Logan juga menemukan kenyataan bahwa ternyata Kayla masih hidup. Kayla pura-pura tewas oleh Victor agar Logan menjadi dendam dan mau menjadi percobaan Stryker. Kayla melakukan itu dengan terpaksa karena kakaknya sedang ditawan oleh Stryker. Selain itu Kayla juga mempunyai kemampuan untuk mengontrol orang dengan pikirannnya. Logan yang merasa ditipu dan kecewa lalu hendak meninggalkan Kayla tapi dihalangi oleh Victor. Logan yang sudah lebih kuat dari Victor berhasil mengalahkan Victor lalu membantu Kayla menemukan kakaknya
sekaligus membebaskan mutan-mutan yang lain. Terakhir, untuk bisa keluar dari pulau tersebut, Logan harus mengalahkan Wade. Logan yang awalnya kesulitan dan hampir terbunuh oleh Blade, ditolong Victor. Bersama, mereka berhasil mengalahkan Blade tapi tentu saja ini tak berarti Logan memaafkan Victor. Logan lalu ingin menyelamatkan Kayla yang terluka tapi kemudian ditembak peluru adamantium oleh Stryker. Peluru ini memang tidak akan membunuh Logan, tapi akan membuat Logan kehilangan ingatannya bila tertembak di kepalanya. Saat siuman, Logan telah melupakan segalanya, termasuk Kayla yang telah tewas. Yang ia bawa hanyalah kalung tanda pengenalnya, bertuliskan Wolverine Logan.

Pembahasan...pasti sudah pada dengar ya tentang versi bajakan film ini yang beredar luas di internet sebelum premierenya diluncurkan. Hal ini yang mungkin membuat film kisah hidup Wolverine ini menjadi tidak 'bersih' dilihat. Di beberapa adegan tampak penambahan special effect yang tidak sempurna. Selain itu, meskipun banyak adegan 'berdarah' seperti saat cakar Wolverine menusuk Victor atau sebaliknya, tak ada setetes darah pun yang keluar atau menempel pada taring Wolverine, bahkan saat Blade terpenggal kepalanya juga tak ada darah yang mengucur. Kalau yang ini mungkin terlalu 'bersih' ya...Selebihnya, film ini menjawab keingintahuan penggemar X-Men yang ingin mengetahui asal muasal Wolverine dan X-Men. Selain Hugh Jackman, aktor yang juga bermain di 3 sekuel X-Men yang lain hanyalah Prof. Charles Xavier (Patrick Stewart), belum memakai kursi rodanya. Adapun Scott 'Cyclops' Summers yang muncul di film ini adalah Cyclops yang masih muda. Tidak heran kalau ada yang jadi ilfil, seperti saya, saat melihat Cyclops muda diperankan oleh pemuda yang culun dan jauh dari kesan gagah seorang Cyclops yang nantinya akan menjadi pemimpin X-Men. Satu pertanyaan terakhir, yaitu tentang Logan yang sepertinya tak pernah tua. Cyclops saja masih ditampilkan sebagai anak ABG, sedangkan Logan masih memiliki wajah yang sama seperti di 3 sekuel X-Men. Apakah memang Wolverine menjadi mutan yang tak hanya kebal tetapi juga tak bisa mati??

2 Komentar:

rafa said...

menurut saya nih film kurang seru.........

Anonymous said...

Try to make one particular posture as natural as feasible.
Photographs are very important for event management companies; hence many opportunities are available in this field for professional photographers.
Usually, there is little room for extras, as the typical dorm room just isn't large enough, so it's important to be as
creative as possible.

My web-site: photography courses degree

Post a Comment

Silahkan berkomentar

1.Dilarang berkomentar dengan kata-kata kasar dan SARA
2.Tidak boleh berpromosi kecuali untuk saling bertukar link dan saling mengunjungi blog

 
Copyright © 2013. Seputar Movie - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger