Home » , , » Review: Robocop (1987)

Review: Robocop (1987)



Film yang bertemakan fiksi ilmiah ini menceritakan seorang polisi yang mati lalu diubah menjadi manusia setengah robot alias cyborg guna memberantas kejahatan di Delta City. Film yang disutradarai oleh Paul Vernhoeven ini dibintangi oleh Petter Weller sebagai pemeran utama, Old Detroit sebuah kota dengan angka kriminalitas sangat tinggi membuat kepolisian terus menerus dibebani tugas berat. Menyadari bahwa butuh selain manusia (robot) untuk menghancurkan kejahatan di kota tersebut,  Omni Consumer Product (OCP). Berencana untuk mengganti Old Detroit menjadi "Delta City" dengan cara membuat robot sebagai pengganti polisi. Penemuan robot ED-29 yang dipimpin Dick Jones berbuah petaka karena robot tersebut membuat kesalahan yang amat fatal dengan membunuh eksekutif junior OCP saat demonstrasi robot ED-29 dilakukan. Akibat peristiwa ini ketua OCP The Old Man lebih memilih untuk mengembangkan program Cyborg yang dipimpin oleh Bob Morton dan diberi nama "Robocop"


Polisi Veteran Alex Murphy mendapatkan tugas bersama partnernya Anne Lewis untuk berpatroli, saat itu mereka mendapat tugas memburu kelompok kriminal besar. Sialnya, mereka gagal Murphy malah terjebak saat pengejaran dan saat baku tembak. Murphy Kemudian menjadi bulan-bulanan para kriminal secara membabi buta dan ditembak tepat di kepalanya. Pada saat di rumah sakir Murphy dinyatakan meninggal Kemudian OCP memanfaatkan tubuhnya untuk proyek Robocop. Program tersebut berhasil akan tetapi Murphy kini bukan lagi manusa utuh tetapi manusia setengan robot. Kaki dan tanganyaterbuat dari besi dan otaknya hanya bekerja dengan program yang dibuat oleh manusia. Robocop Menjalani tugas-tugasnya dengan baik, namun ingatan-ingatan masa lalunya sebagai manusis perlahan-lahan terus membayanginya.



Alur dan Plot cerita yang begitu rapi dalam film ini membuat kesuksesan yang cukup luar biasa di masa itu (1987). Hingga menelurkan 2 Sekuel, sayang sekuel-sekuelnya tidak sebagus film pertamanya. Nuansa cerita yang suram jelas melekat dalam film ini, di mana seorang polisi harus meninggal secara tragis saat tugasnya dan berhasil hidup kembali namun dalam keadaan manusa setengah besi, tubuh manusianya sudah tidak utuh lagi.


Maka tidak heran jika film ini diremake dan rencananya akan dirilis di tahun 2013 namun info baru-baru ini akan diundur menjadi 2014. Apakah remake ini akan sesukses film aslinya?

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar

1.Dilarang berkomentar dengan kata-kata kasar dan SARA
2.Tidak boleh berpromosi kecuali untuk saling bertukar link dan saling mengunjungi blog

 
Copyright © 2013. Seputar Movie - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger