Home » , , , » Review: HARRY POTTER 1-4 (2001-2005)

Review: HARRY POTTER 1-4 (2001-2005)



Sejak film pertamanya dirilis di tahun 2001, Harry Potter telah mampu menyihir dunia dengan cerita dan fantasi yang sangat fenomenal. Film yang diadaptasi dari novel karya JK Rowling ini mampu menjaring ratusan juta penggemar di seluruh dunia. Berikut ulasan/review film Harry Potter 1 (2001). sampai 4 (2005).



1. Harry Potter and The sorcerers stone (2001)

Ini merupakan film partama Harry Potter, berawal dari sebuah novel karya JK Rowling ketika itu yang menjadi best seller. Cerita berfokus pada awal mula kisah seorang anak bernama Harry Potter (Danniel Radclif) yang yatim piatu setelah pada usia 1 tahun kedua orang tuanya dibunuh oleh penyihir hitam bernama Voldemort. Harry tinggal dititipkan bersama paman dan bibinya yang memperlakukannya dengan buruk. Hingga pada usia sebelas tahun, Harry baru tahu rahasia besar hidupnya saat dia dijemput oleh Hagrid untuk bersekolah di sekolah sihir terbaik di dunia, Hogwarts yang kepala sekolahnya seorang penyihir terhebat bernama Albus Dumbledore. Hagrid adalah seorang manusia setengah raksasa yang bekerja di sekolah Hogwarts sebagai pengawas satwa liar, Hagrid memberi tahu Harry bahwa Harry adalah penyihir dan orang tuanya (James Potter) adalah penyihir yang dibunuh oleh Voldemort. Harry bersekolah di tahun pertamanya di Hogwarts dan bertemu seorang teman bernama Ronald Weasley (Rupert Grint), dan Hermione Granger (Emma Watson). Mereka menjalin persahabatan di tahun pertama dan menjumpai seorang anak yang sombong dari asrama Slytherin bernama Draco Malfoy (Tom Felton) dan guru yang membenci Harry Potter, Severus Snape. Petualangan hebat mereka alami untuk mencegah batu bertuah jatuh ke tangan Voldemort yang bersemayam di tubuh proffesor Squirell untuk bangkit kembali. Film inilah yang menjadi awal mula kesuksesan seri Harry Potter seantero dunia dilanda demam Harry Potter dan penjualan bukunya pun menigkat drastis.

2. Harry Potter and The Chamber Of Secret (2002)

Setelah sukses pada film pertamanya, pada tahun 2002 sekual Harry Potter dirilis, hasilnya sama. sama-sama menuai keberhasilan besar. Harry Potter And The Chamber Of Secret bercerita saat tahun kedua Harry dan teman-temannya di sekolah Hogwarts. Berfokus pada sebuah misteri kamar rahasia di Hogwarts. Ternyata kamar rahasia itu adalah dibuat oleh salah satu Pendiri Hogwarts, Salazar Slytherin. Salazar Slytherin mempunyai prinsip dan visi bahwa yang masuk sekolah sihir Hogwarts haruslah mereka yang berdarah murni (pure blode-murni keturunan penyihir) bukan Muggle atau Mublood (sebutan untuk mereka yang bukan keturunan penyihir. Sehinnga bila kamar rahasia tersebut terbuka maka akan ada korban berjatuhan yaitu mereka yang bukan keturunan penyihir. Harry Potter menemukan buku harian milik seseorang bernama Tom Riddle. Ternyata Tom Riddle adalah Voldemort.
Harus diakui memang film ini disebut-sebut sebagai film Harry Potter paling membosankan.

3. Harry Potter and The Prisioner Of Azkaban (2004)

Pada tahun 2004 film ketiga dirlis, menceritakan Harry dan kawan-kawannya memasuki tahun ketiga di sekolah Hogwarts. Berfokus pada seorang buronan penjara Azkaban bernama Sirius Black, yang tak lain adalah sahabat dari James dan Lily Potter (Ayah dan Ibu Harry Potter). Black dituduh telah menghianati sahabatnya tersebut yang menyebabkan James dan Lily dibunuh oleh Voldemort. Akan tetapi Sirius Black memang tidak bersalah dan berhasil melarikan diri dari Azakaban. Black berusaha menemui Harry dan menceritakan apa yang sebenarnya terjadi dan memburu Scrabbers, orang yang sebenarnya harus dihukum karena dia pelakunya. Perbedan yang mencolok dari kedua film sebelumnya terlihat sangat jelas dalam film ini, selain karena usia yang beranjak dari anak-anak menjadi remaja, juga pergantian sutradara menjadi faktor mengapa film ini sedikit bernuansa gelap.

4. Harry Potter and The Goblet Of Fire (2005)


Pada film kelima ini cerita berfokus saat Harry, Hermione dan Ron menonton final piala Quiddicth dan tiba-tiba dikacaukan oleh para pelahap maut. pada peristiwa itu Harry Pingsan. Saat di sekolah Albus Dumbledore mengumumkan akan ada perlombaan Trizizard. Pesertanya harus berusia diatas 17 Tahun dan berhasil diseleksi oleh Piala Api. Akan tetapi secara mengejutkan Nama Harry Potter tercatat di piala api sebagai juara keempat padahal usianya saat itu baru 14 tahun. hampir semua siswa-siswa di Hogwarts membenci Harry karena dianggap telah melakukan kecurangan. Film inilah yang menjadi titik awal kebangkitan Voldemort sang penyihir hitam yang sangat keji dan sadis. Film keempatnya ini sanggup meraup keuntungan yang memcahkan rekor film sebelumnya. Visual efek yang dahsyat menjadikan film ini semakin indah.

2 Komentar:

Z-T Blog said...

emng bagus tuh film harry potter.. :D

comment back..

Hilman Manchunian said...

OKE gan :D

Post a Comment

Silahkan berkomentar

1.Dilarang berkomentar dengan kata-kata kasar dan SARA
2.Tidak boleh berpromosi kecuali untuk saling bertukar link dan saling mengunjungi blog

 
Copyright © 2013. Seputar Movie - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger