Home » , , , » Review:GoldenEye (1995)

Review:GoldenEye (1995)





Sebelum ada fenomena Daniel Craig sebagai James Bond yang disebut-sebut sebagai pemeran James Bond terbaik karena gayanya yang berbeda dan punya kharisma yang kuat dalam tiga filmnya. Pierce Brosnan sudah merasakannya terlebih dahulu di tahun 90an dalam film pertamanya GoldenEye .


Pada tahun 1989 film terakhir James Bond yang dibintangi oleh Timothy Dalton, Licence to Kill harus menunggu 6 tahun setelah film tersebut berlalu. Ya, pada waktu itu Francshise James Bond boleh dikatakan nyaris tamat dikarenakan jarak perilisan yang terlalu lama itu. Lalu munculah aktor bernama Pierce Brosnan untuk membintangi film James Pertamanya.


Film ini dibuka dengan adegan kilas-balik beberapa tahun sebelum cerita dimulai, ketika James Bond yang berkode 007 bersama sahabatnya 006 (Sean Bean) terlibat dalam sebuah operasi rahasia ke sarang musuh asal Uni Soviet bernama Jendral Ourumov (Gottfried John). Saat melarikan diri, Bond berhasil lolos sementara 006 yang bernama Alec Trevelyan tidak sehingga dianggap gugur.
Adegan kembali ke masa kini, ketika Bond, saat sedang menikmati liburannya, bertemu dengan perempuan cantik namun mematikan bernama Xenia Onatopp (Famke Janssen), salah satu anggota mafia Rusia. Segera keduanya terlibat ’duel’ seru, dan Bond gagal menghadang Xenia dan konconya merebut helikopter 'Tiger, sebuah desain baru yang tidak bisa terlacak radar.

Sementara itu di pedalaman Rusia, Natalya Siminova (Izabella Scorupco) menjadi satu-satunya orang yang selamat ketika stasiun tempatnya bekerja, yang mengoperasikan satelit GoldenEye, diserbu Xenia dan bosnya yang ternyata adalah Jendral Ourumov. Mendengar itu, pemerintah Inggris melalui M (Judi Dench) mengirim Bond untuk menyelamatkan Natalya sekaligus menyelidiki dimana pengendali GoldenEye berada.

Pasalnya, mereka diancam harus menyerahkan tebusan uang dalam jumlah besar kalau tidak mau kota London dibombardir oleh sinyal satelit tersebut, yang mampu merusak semua benda elektronik. Petualangan Bond membawanya kembali bertemu dengan musuh lama Jendral Ourumov, dan yang lebih mengejutkan lagi sahabatnya Alec ternyata masih hidup dan selama ini bekerja untuk pihak musuh.

Semua aktor yang pernah memerankan James Bond pastinya punya ciri khas masing-masing. Seperti Pierce Brosnan yang kalem, Flamboyan, dan Playboy. Pada waktu itu peran Brosnan sebagai agen mata-mata tersebut memberikan warna baru setelah sebelumnya Timothy Dalton yang dianggap kurang gereget dalam memerankan James Bond. Film ini sendiri menurut saya merupakan film James Bond Terbaik dari semua film James Bond yang dibintangi oleh Pierce Brosnan.

7.5/10

2 Komentar:

Rasyidharry said...

Dan setelah film ini James Bond-nya Brosnan jadi film-film konyol hehe

Hilman said...

haha...tapi dibanding dengan Roger Moore saya lebih suka Brosnan, tapi tentu saja Daniel Craig lah James Bond Terbaik....

Post a Comment

Silahkan berkomentar

1.Dilarang berkomentar dengan kata-kata kasar dan SARA
2.Tidak boleh berpromosi kecuali untuk saling bertukar link dan saling mengunjungi blog

 
Copyright © 2013. Seputar Movie - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger